Jumat , April 19 2024
Home / News Update / Polres Ciamis Gelar Apel Kebangsaan Dalka Meningkatkan Persatuan Dan Kesatuan Untuk Menjaga Keutuhan NKRI.

Polres Ciamis Gelar Apel Kebangsaan Dalka Meningkatkan Persatuan Dan Kesatuan Untuk Menjaga Keutuhan NKRI.

Polres Ciamis – Kepolisian Resor Ciamis Polda Jabar menggelar Apel Kebangsaan dalam rangka meningkatkan persatuan dan kesatuan untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Apel ini digelar di Aula Pesat Gatra Mapolres Ciamis. Apel tersebut diikuti oleh para tokoh, yakni tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh budaya dan perwakilan Ormas di Kabupaten Ciamis. Selain itu, untuk tokoh agama sendiri dihadiri oleh para perwakilan, mulai dari Gereja Kristen Indonesia, Gereja Katholik Ciamis, Majelis Konghucu Indonesia, serta tokoh budaya dari etnis Papua. Kamis (29/04/2021)

Apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Ciamis (AKBP Hendria Lesmana, S.I.K., M.Si) dan diikuti oleh seluruh Pejabat Utama Polres Ciamis. Turut hadir Dandim 0613/Ciamis (Letkol Czi Dadan Ramdani, S.Sos., M.A.P), Kepala Kesbangpol Ciamis (Drs. Wawan Ruhiyat), Rektor Unigal (DR. Drs. H. Yat Rospia Brata, M.Si) dan Ketua FKUB Kabupaten Ciamis (KH. Koko Komarudin).

Apel Kebangsaan ini dimulai dengan pembacaan deklarasi ikrar kebangsaan dan diikuti oleh seluruh peserta yang hadir. Kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dalam rangka mendoakan crew KRI Nanggala-402.

Kapolres Ciamis mengatakan Apel Kebangsaan ini dilaksanakan daalm rangka menjaga keutuhan NKRI. Sebab Indonesia merupakan negara yang terdiri dari berbagai macam suku, ras dan agama.

“Sebagai Negara Besar dengan berbagai macam suku, ras dan agama, sehingga potensi perpecahan akibat berbagai upaya memecah belah bangsa dari berbagai pihak sangatlah besar. Sehingga dengan kegiatan ini diharapkan akan semakin merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara Indonesia” tandas Kapolres Ciamis.

Adapun isi Deklarasi Ikrar Kebangsaan yaitu,
Atas bimbingan Allah SWT, Tuhan yang maha Esa, kami masyarakat Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Pangandaran, menyatakan kedaulatan tekad sebagai berikut :
1. Siap menjaga dan mempertahankan Pancasila sebagai satu-satunya Ideologi bangsa dan negara Indonesia.
2. Siap menjaga Bendera Merah Putih sebagai Bendera Negara Indonesia.
3. Siap menjaga dan mempertahankan amanat UUD 1945.4. Siap menjaga dan mempertahankan keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia.
5. Siap menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia.
6. Menolak segala bentuk kelompok dan paham radikalisme.

“Saya Indonesia, Saya Pancasila, NKRI Harga Mati, Merdeka… Merdeka… Merdeka…”

Selama kegiatan berlangsung dari awal hingga berakhir situasi dalam keadaan aman dan kondusif.

Humas Polres Ciamis

Check Also

Antisipasi Himbauan Kamtibmas, Polsek Sukadana Polres Ciamis Giat Patroli Dialogis di Daerah Rawan Kejahatan

Polres Ciamis Polda Jabar,- Polsek Sukadana Polres Ciamis Polda Jabar melaksanakan patroli dialogis di wilayah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *